Kelebihan Pertahanan Timnas Brazil

Kelebihan Pertahanan Timnas Brazil

July 6, 2018 0 By liga bola

Image result for Brazil world cup 2018

Kelebihan Pertahanan Timnas Brazil | Bolanes.org – Ini perdebatan yang telah berlangsung di sepak bola Brasil sejak kekalahan menyakitkan melawan Italia di Spanyol 1982. Haruskah timnas mereka memainkan sepakbola yang menghibur atau memprioritaskan hasil? Kedua konsep akan tampak eksklusif.

Sepintas pada hasil Seleção besutan Tite sejauh ini tampaknya menunjukkan mereka telah mengambil opsi kedua. Mereka tim yang hanya kebobolan enam gol dari 25 pertandingan sejak dia memimpin.

Salah satu gol ke gawang mereka berasal dari pertandingan pembukaan Brasil di Piala Dunia FIFA 2018 Rusia melawan Swiss, satu gol dari lima sepakan on target. Ya, Anda membacanya: lima tembakan tepat sasaran tetapi hanya satu gol.

Namun ini bukan kasus sederhana dari sebuah tim yang bertahan. Selecao mungkin kuat di belakang, tetapi juga disiapkan untuk menyerang dan mempertahankan bola, mencapai keseimbangan yang ditunggu Tite.

“Pertahanan kami dimulai dari serangan,” kata gelandang Willian. “Kami berusaha membantu sebanyak yang kami bisa untuk hal itu. Sepakbola semakin ketat dan lebih keras sepanjang waktu. Ini lebih kompetitif, seperti yang kita lihat di Piala Dunia ini dan kita harus melakukan itu sedikit. Tapi kami memainkan sepakbola yang menyenangkan.”

Related image

Dalam upaya untuk memahami bagaimana Seleção mencapai kehebatan pertahanan ini tanpa mengesampingkan permainan yang menghibur, FIFA berbicara dengan asisten pelatih tim Cleber Xavier, yang telah menjadi tangan kanan Tite sejak tahun 2001.

Bekerja di belakang layar, Cleber memainkan peran penting bagi Brasil berkat kekayaan pengetahuan taktis dan bakatnya untuk komunikasi.

Kapan pun dia muncul di konferensi pers, asisten pelatih ini mengesankan media dunia dengan pengetahuannya yang mendalam tentang lawan-lawan Brasil.

1. Zona Marking

“Kami mengoperasikan zona marking baik dalam permainan terbuka dan di bola mati. Itu dasar untuk segalanya,” jelas Cleber. “Berkat zona marking, kami menjadi tim yang paling disiplin dalam kompetisi. Pelanggaran kami sangat sedikit – sembilan per pertandingan. ”

2. Total Pressing

“Ada tiga fase ketika kami bertahan: pressing yang tinggi, pressing menengah dan pressing lemah. Kami banyak menyesuaikan permainan pressing kami dengan lawan dan setiap penyesuaian yang kami lakukan biasanya merupakan pressing yang tinggi. Pressing menengah dan rendah lebih sistematis. ”

3. Menyerang saat bertahan

“Ketika saatnya bermain, kita bermain dan kapan saatnya bertahan kita bertahan; itulah keseimbangan dalam permainan kami. Tetapi, ketika tim melanjutkan serangan, kami tidak boleh lengah. Itulah yang kami sebut “menyerang sambil bertahan”. Dan dengan cara itu, dengan bertahan, kami sudah berada dalam posisi untuk memenangkan bola mundur jika kami kalah. ”

4. Konsep yang jelas

Anggota inti tim pelatih Tite sudah bersama untuk waktu yang sangat lama. Taktik Brasil bukan bersatu padu dalam waktu satu malam.

“Ini adalah karakteristik yang kami kembangkan di Corinthians, di mana kami punya lebih banyak waktu. Itu waktu terbaik kami bersama dalam hal berpikir jernih dan mempraktekkan ide. Itu adalah metodologi kami. Kami mengambil sesuatu dari tempat lain dan menyesuaikannya dengan konsep kami. Itu adalah prinsip sederhana, terlepas dari situasi apakah kita bekerja di klub atau tim nasional.”

5. Kekuatan komunikasi

“Jika Neymar bermain pada hari Minggu dengan PSG dan bergabung dengan kami pada hari Senin, begitu dia tiba di ruang ganti dan memeriksa teleponnya, dia akan mendapat pesan gambar yang diedit, memberinya gambaran tentang apa yang diharapkan dari dia. Kami punya pemain yang sangat bagus sehingga mereka bisa langsung mengerti semuanya.”