AFF U-19 Indonesia Finis Jadi Runner Up Setelah Kalah Melawan Thailand

AFF U-19 Indonesia Finis Jadi Runner Up Setelah Kalah Melawan Thailand

July 9, 2018 0 By liga bola

Piala AFF U-19: Kalah dari Thailand, Indonesia Finis Runner-up Grup A

AFF U-19 Indonesia Finis Jadi Runner Up Setelah Kalah Melawan Thailand | Bolanews.org – Indonesia gagal menyapu bersih pertandingan di Grup A. Garuda muda tumbang 2-1 dari Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (9/7/2018) malam WIB.
Gol-gol Thailand dicetak oleh Nattawut Chootiwat dan Matee Sarakum. Indonesia cuma bisa sekali membalas lewat gol Muhammad Rifad Marasabessy.
Kekalahan ini membuat Indonesia melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A dengan 12 poin dari empat kemenangan. Thailand keluar sebagai juara Grup A dengan 13 poin.
Belum diketahui siapa lawan kedua tim di semifinal. Sejauh ini, Malaysia, Myanmar, dan Timor Leste masih punya peluang untuk menjadi juara Grup B.

Jalannya Pertandingan
Indonesia bermain agresif sejak awal pertandingan saat menghadapi Thailand. Ancaman pertama datang dari sektor kanan lewat umpan silang Hanis Saghara, namun bola mampu dipotong kiper Nopphon Lakhonphon.
Tim besutan Indra Sjafri terus menekan pertahanan Thailand dengan permainan cepatnya. Sementara itu, Thailand meladeni permainan Indonesia dengan pressing-pressing.
Thailand mulai dapat mengembangkan permainan selepas laga berjalan 10 menit. Ancaman pertama datang dari tembakan Sittichok Paso dari luar kotak penalti di menit ke-15. Muhammad Aqil Savik dengan sigap menepis bola keluar lapangan.
Thailand kembali mengancam gawang Indonesia di menit ke-27. Nakin Wisetchat melepaskan tembakan dari sisi kanan kotak penalti Indonesia, namun bola masih bisa ditepis Aqil dengan satu tangan.
Kedua tim bermain cenderung terbuka sejauh ini dengan saling bergantian melancarkan serangan. Thailand sejauh ini lebih baik dengan serangannya lebih sering masuk ke dalam kotak penalti Indonesia, sementara Garud Muda lebih sering gagal masuk ke kotak penalti lawan.
Thailand berhasil unggul 1-0 duluan di menit ke-41. Nattawut Chootiwat melesakkan gol dari luar kotak penalti usai menyambar bola umpan Paso. Skor itu bertahan hingga turun minum.
Di babak kedua, Thailand berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Matee Sarakum melesakkan gol di menit ke-50 setelah menyambar umpan silang dari sisi kanan.
Indonesia langsung merespons dengan melancarkan serangan cepat. Syahrian Abimanyu mendapat ruang melepas tembakan di depan kotak penalti Thailand di menit ke-59, namun arah bola masih melenceng dari target.
Peluang kembali tercipta dari Indonesia di menit ke-69. Hanis melepas tembakan, namun bola masih bisa di blok. Bola jatuh di kaki Saddil yang langsung melepaskan tembakan tepat ke arah kiper.
Indonesia baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-84. Muhammad Rifad Marasabessy memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Dia melesakkan gol setelah menyambar bola hasil tembakan rekannya yang membentur tiang gawang.
Tak ada gol tambahan hingga laga usai. Thailand berhasil mengalahkan Indonesia 2-1.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Aqil Savik; Kadek Raditya, Nurhidayat Haji, Muhammad Lutfhi Kamal, Muhammad Rifad, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara Putra, Todd Rivaldo, Aji Kusuma, David Kevin.

Thailand: Nopphon Lakhonphon; Nakin Wisetchat, Kittitach Pranithi, Nattawut Chootiwat, Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta, Sampan Kesi, Kritsana Daokrajai, Thirapak Prueangna, Anusak Jaiphet.