Berbahaya, Legenda Arsenal Minta Klub Tidak Gunakan ‘Sweeper Keeper’ Lagi

Berbahaya, Legenda Arsenal Minta Klub Tidak Gunakan ‘Sweeper Keeper’ Lagi

August 16, 2018 0 By admin

Berbahaya, Legenda Arsenal Minta Klub Tidak Gunakan ‘Sweeper Keeper’ Lagi | Bolanews.org, Ada banyak pelatih yang membutuhkan sosok ‘sweeper keeper‘ di dalam skuatnya, terlebih jika mereka senang menerapkan strategi penguasaan bola. Tetapi kiper legendaris Arsenal, Bob Wilson, tidak sepakat dengan peran tersebut.

Umumnya, istilah ‘sweeper keeper‘ disematkan kepada kiper yang mampu membantu serangan dan aktif meninggalkan gawang untuk menghentikan pemain lawan. Salah satu sosok yang terkenal dengan peran ini adalah Manuel Neuer.

Seiring berjalannya waktu, ada banyak pelatih yang menuntut kipernya untuk bisa turut terlibat dalam serangan. Bahkan pelatih Manchester City, Josep Guardiola, sampai mendepak Joe Hart yang telah mengawal gawang The Citizens selama enam musim.

Kiper Harus Tanggung Resiko

Kiper Harus Tanggung Resiko

Tetapi Bob Wilson, kiper Arsenal di era ’60-an, tidak suka melihat kiper melaksanakan tugas tersebut. Baginya, peran ‘sweeper keeper’ terlalu berbahaya untuk karir seorang penjaga gawang.

“Sekarang kiper diharapkan untuk bermain pada area berbahaya, di mana pemain berkecepatan tinggi seperti Aguero atau Sterling bisa mendekati anda dalam hitungan detik,” ujar Wilson kepada Mirror.

“Mereka bisa membuat kiper panik, dan kiper harus mengambil resikonya,”